Home » » Membongkar Gurita Cikeas

Membongkar Gurita Cikeas

Written By Admin on Rabu, 06 Juli 2011 | 20.31

George Junus Aditjondro, penulis buku "Membongkar Gurita Cikeas: Di balik Skandal Bank Century" yang pernah menggegerkan beberapa waktu lalu, Kamis (7/7/2011) siang nanti, akan meluncurkan buku lanjutannya tentang dinamika politik di Cikeas tersebut. Sebenarnya saya malas berkomentar mengenai pemberantasan korupsi SBY. Memang tidak bisa apa-apa, seperti tidak ada pemerintah di negeri ini.

Membongkar Gurita CikeasBuku yang akan diluncurkan di Yogyakarta tersebut berjudul "Cikeas Kian Menggurita". Buku ini dinilai lebih lengkap dibandingkan dengan buku pertamanya itu. Dalam kata pengantarnya, George Junus Aditjondro menyampaikan ada dua tujuan utama dari penulisan buku ini. Pertama, memberikan pendidikan politik tentang hak-hak demokrasi warga negara untuk mencegah akumulasi kekuasaan ekonomi dan politik penguasa, terutama lingkaran di kepala negara. Kedua, memberikan pendidikan politik kepada warga, bahwa ada yang lebih penting ketimbang figur, yakni konfigurasi politik yang mempengaruhi pergantian pucuk pimpinan politik lima tahun sekali.

Menurut rencana, peluncuran "Cikeas Kian Menggurita" ini akan dihadiri sejumlah tokoh. Pihak panitia telah mengundang sejumlah tokoh nasional. Kami mengundang Bapak Tyasno, Buya Syafii Maarif, Gusti Prabukusumo, dan sejumlah tokoh lainnya," ungkap Julius F Tualaka, panitia peluncuran buku ditemui di Yogyakarta, Rabu (6/7/2011).

Lebih lanjut Julius mengatakan, buku ini juga lebih banyak memunculkan hal-hal baru dan informasi terbaru dari berbagai sumber terpercaya. Sebagai penulisnya, George telah melakukan berbagai riset, wawancara berbagai sumber, observasi ke lapangan juga tokoh yang pernah berada di lingkaran kekuasaan.

Sementara itu, cendekiawan muslim dan budayawan, serta mantan Ketua PP Muhammadiyah, Syafii Maarif, ikut memberikan komentarnya dalam pengantar buku ini. Sebenarnya saya malas berkomentar mengenai pemberantasan korupsi SBY. Memang tidak bisa apa-apa, seperti tidak ada pemerintah di negeri ini," komentar Buya pada bagian atas dari cover buku ini. Demikian catatan online Blogger Pontianak yang berjudul Membongkar Gurita Cikeas.