Home » » Sedikitnya 75 rumah liar di Kawasan Kampung Kandang RT 07/13 Kelapa Gading dilanda kebakaran

Sedikitnya 75 rumah liar di Kawasan Kampung Kandang RT 07/13 Kelapa Gading dilanda kebakaran

Written By Admin on Sabtu, 02 April 2011 | 13.20

Sedikitnya 75 rumah liar di Kawasan Kampung Kandang RT 07/13 Kelapa Gading dilanda kebakaran, Sabtu 1 April 2011. Api mulai berkobar mulai pukul 16.30 WIB tadi. Kepulan asap hitam dalam terlihat sejauh 5 kilometer. Sebanyak 17 mobil dinas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

Menurut keterangan Kasie Humas Polsek Metro Kelapa Gading, Aiptu Sialagan, kebakaran tersebut menghanguskan sekitar 75 rumah di kawasan tersebut. "Belum diketahui asal api dari rumah siapa dan apa penyebabnya. Kami masih menyelidiki kejadian ini," jelasnya.

Sedangkan, Kabul, salah satu perwira pemadam di lokasi kejadian, mengatakan, tidak ada korban pada peristiwa tersebut, namun petugas terpaksa menutup Jalan Inspeksi Kali Sunter untuk memudahkan pemadaman.

Pemadaman menemui kesulitan, karena selain sulit mencapai lokasi titik api akibat jalan yang sempit, warga setempat juga kurang membantu petugas.

"Mereka lebih mementingkan menyelamatkan barang-barangnya, dari pada membantu petugas. Selain itu, petugas terpaksa naik dan berjalan di atap rumah, karena kondisi jalan yang sempit," ucap Kabul.

Material bangunan yang rata-rata kayu dan triplek, serta tiupan angin kencang, juga menyebabkan api merambat dengan cepat.

Dari pemantauan di lokasi kejadian, puluhan rumah liar yang terbakar adalah rumah panggung termasuk jalan yang terbuat dari susunan bambu dan kayu. Demikian catatan online Blogger Pontianak tentang Sedikitnya 75 rumah liar di Kawasan Kampung Kandang RT 07/13 Kelapa Gading dilanda kebakaran.