Home » » Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Written By Admin on Jumat, 11 Maret 2011 | 11.50

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan tsunami dahsyat yang melalap Jepang, dan gempa bumi di Sumbawa yang juga berpotensi memicu tsunami, tidak akan berdampak pada wilayah Jakarta.

Saat dihubungi media massa, Jumat, 11 Maret 2011, Kepala Sub Bidang Inforamasi Gempa Bumi, Rahmat Triyono, menjelaskan pemantuan terus dilakukan di seluruh wilayah Indonesia untuk mengantisipasi dampak dari rangkaian gempa dan tsunami dahsyat yang terjadi hari ini.

"Tidak akan sampai Jakarta, karena terlalu jauh. Setelah merilis peringatan dini, kita terus melakukan pemantuan," ujar Triyono.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Bidang Informasi Dini Gempa Bumi dan Tsunami, Jaya Murjaya. Kata dia, meski dini hari tadi juga terjadi gempa di Sumbawa berkekuatan 6,6 SR, namun karena pusat gempat berada di kedalaman sekitar 523 kilometer, maka tidak akan menimbulkan tsunami, apalagi sampai menghantam wilayah Jakarta. "Jadi, Jakarta masih aman," katanya.

Dari penjelasan Triyono, daerah yang paling mungkin terkena imbas tsunami Jepang adalah kawasan Papua, pada sekitar pukul 18.53 WIB atau sekitar pukul 20.35 WIT.

Berikut rincian sejumlah lokasi di Indonesia yang diperkirakan akan terimbas tsunami:

- Berebere, Maluku Utara, pukul 17.58 WIB
- Manokwari, Papua Barat, pukul 18.18 WIB
- Jayapura, Papua, pukul 18.35 WIB
- Sorong, Papua, pukul 18.35 WIB
Demikian catatan online Blogger Pontianak tentang Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).