Home » » Kebakaran melanda kapal kargo

Kebakaran melanda kapal kargo

Written By Admin on Rabu, 09 Maret 2011 | 08.22

Kebakaran melanda kapal kargo yang sedang diperbaiki di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik dari mesin las yang ada di ruang mesin kapal.

Api yang membakar Kapal Sinar Samudera VIII di Dok Union Jalan Paliat, Jakarta Utara hingga kini masih diupayakan untuk dipadamkan. Ada lima unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan.

Menurut pekerja bernama Umar Said, 29 tahun, api mulai terlihat membesar sekitar pukul 11.00 WIB, hari ini. "Tidak ada ledakan. Tiba-tiba saja api disertai asap tebal muncul," ungkap Said, Rabu 9 Maret 2011.

Petugas masih kesulitan melakukan pemadaman karena ruang mesin yang menjadi titik api banyak menampung bahan bakar jenis solar. Petugas juga kesulitan karena sempitnya akses menuju lokasi kebakaran.

Terbakarnya Kapal Sinar Samudera terjadi setelah sepekan sebelumnya Kapal penumpang Silvia dengan rute pelayaran Tanjung Priok - Bangka Belitung, terbakar pada Selasa dini hari, 8 Februari 2011, pukul 03.30 WIB. Kapal tersebut bermuatan 260 penumpang dan juga 40 unit kendaraan roda empat.

Sebelum kejadian ini, pada 28 Januari 2011 kapal muatan Laut Teduh 2 terbakar di perairan Selat Sunda sehingga menewaskan 16 orang. KM Laut Teduh 2 terbakar ketika melaut dari Merak menuju Bakauheni. Kapal jenis Roro ini mengangkut sekitar 567 penumpang dan 32 anak buah kapal. Di samping itu, kapal milik PT Bangun Putra Remaja itu juga mengangkut 93 unit berbagai jenis kendaraan. Demikian catatan online Blogger Pontianak tentang Kebakaran melanda kapal kargo.