Home » » kewalahan mengurai jaringan pengedar narkotika

kewalahan mengurai jaringan pengedar narkotika

Written By Admin on Kamis, 10 Maret 2011 | 10.31

Badan Narkotika Nasional (BNN) kewalahan mengurai jaringan pengedar narkotika. Sebab, selain memiliki dukungan finansial melimpah, sindikat juga umumnya memiliki strategi pengedaran yang canggih.

"Mereka 'masuk' dan 'keluar' melalui pintu berbeda," kata Kepala BNN Gorries Mere di Jakarta, Kamis, 10 Maret 2010.

Menurut Gorries, sindikat ini umumnya memiliki alur kerja yang sangat canggih dan profesional. "Kurirnya mendapatkan barang dari A, kemudian uang hasil penjualannya ke B, diserahkan ke bosnya dan dibawa keluar negeri," ujarnya.

Mereka melakukannya sebagai upaya untuk mengacak pola transaksi sehingga menyulitkan pembuktian oleh aparat penegak hukum. "Supaya untuk pembuktian di pengadilan susah. Untuk pembuktian secara manual sulit sekali, harus dengan berbagai macam cara seperti teknologi, banking dan lain sebagainya," ujarnya.

Kesulitan itu jelas menjadi tantangan seluruh aparat penegak hukum untuk memberantas jaringan peredaran narkoba hingga ke akar. "Negara harus kuat, harus menang menghadapi itu. Kita harus bangkit semua harus bersama-sama mencegah," ucapnya. Demikian catatan online Blogger Pontianak tentang kewalahan mengurai jaringan pengedar narkotika.