Home » » Sekretariat Lembaga Dunia Melayu Dunia Islam

Sekretariat Lembaga Dunia Melayu Dunia Islam

Written By Admin on Sabtu, 12 Maret 2011 | 09.45

Provinsi Sumsel segera memiliki Sekretariat Lembaga Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI). DMDI akan meningkatkan hubungan Sumsel dengan 13 negara anggota DMDI lainnya yang berpusat di Melaka Malaysia. Hal ini terungkap pada pertemuan pengurus DMDI pusat dan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di rumah dinasnya di Griya Agung Palembang. Saat pertemuan, gubernur didampingi Asisten III bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel, dr H Aidit Aziz, Kepala Dinas Pariwisata Sumsel Johnson dan Kadispora Sumsel, Musni Wijaya.

Asisten III Bidang Kesra Provinsi Sumsel Aidit Aziz mengatakan, DMDI akan membuat Sekretariat di Provinsi Sumsel, yang akan diresmikan 21 Maret mendatang, peresmian bakal menghadirkan Presiden DMDI dari Melaka Malaysia yaitu Datuk Sri M Ali Rustam. “DMDI ini wadah dari daerah- daerah dan negara Islam Melayu di dunia, yang setiap tahun melakukan konvensi di setiap negara, untuk membahas pertukaran budaya. Meliputi bidang pendidikan,dan pemuda,” ungkapnya, seusai mendampingi Gubernur Sumsel, kemarin. Dia menambahkan, DMDI sudah memiliki Sekretariat di beberapa provinsi di Indonesia.

Antara lain di Provinsi Riau, Bangka Belitung dan lainnya termasuk Sumsel nanti setelah diresmikan. “Sekretariat ini dibentuk untuk dapat berhubungan dengan DMDI pusat di Melaka. Tahun ini DMDI melakukan konvensi di Malaysia tapi tahun depan diusulkan diadakan di Palembang, Sumsel pada Juni 2012,”jelasnya.

Sementara itu,Vice Chairman DMDI Pusat Melaka Malaysia DR Hj Mohammad Jamil bin Mukmin mengatakan, DMDI beranggotakan 13 negara mulai dari Indonesia, Malaysia, Afrika Selatan, Sri Langka,Thailand, Kamboja, Singapura, Brunei, Piliphina, Australia,Cina,Brunai Darussalam dan Kerajaan Inggris (United Kingdom).

“DMDI dibentuk untuk menyatupadukan hubungan silaturahmi antar bangsa melayu dan bangsa Islam di seluruh dunia,” kata Mohammad Jamil bin Mukmin. Pada 21 Maret mendatang, pihaknya membentuk Sekretariat DMDI di Sumsel, yang dihadiri langsung Presiden DMDI Pusat Datuk Sri M Ali Rustam, usai membentuk sekretariat di Sumsel, Datuk Sri M Ali Rustam akan menghadiri wisuda di Unsri Inderalaya.

Gubernur Sumsel tadi menyarankan agar konvensi DMDI 2012 diadakan di Sumsel bulan Juni 2012. Tadi sudah kita bahas perencanaan awalnya, kami menyambut baik,” katanya. Demikian catatan online Blogger Pontianak tentang Sekretariat Lembaga Dunia Melayu Dunia Islam.