Home » » Menteri Luar Negeri Timor Leste

Menteri Luar Negeri Timor Leste

Written By Admin on Minggu, 06 Maret 2011 | 06.49

"Besok secara resmi Menteri Luar Negeri Timor Leste akan menyampaikan aplikasi menjadi anggota resmi ASEAN. Tapi tadi juga Menlu Timor Leste telah menyerahkn surat Presiden Ramos Horta kepada Presiden SBY, menyampaikan hal yang sama," ungkap Menlu Natalegawa di Istana Presiden di Jakarta, Kamis (3/3/2011).

"Surat menyampaikan minat dari Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN pada saat ketuanya dipegang Indonesia," lanjut Marty.

Saat ditanya mengenai respons SBY mengenai aplikasi Timor Leste ini, Marty menegaskan, presiden amat mendukung hal tersebut.
"Sangat mendukung. Indonesia sangat mendukung apresiasi Timor Leste untuk bergabung dengan ASEAN," tutur Menlu RI paling muda tersebut.

Sementara mengenai tanggapan dari negara ASEAN lain. Marty mengatakan hal tersebut menjadi pekerjaan Indonesia sebagai Ketua ASEAN. Indonesia bahkan telah membantu Timor Leste menyusun road map menuju keanggotaan Timor Leste masuk ke dalam ASEAN.

"Road map ada tiga bidang, politik, ekonomi, dan sosial budaya. Hal tersebut sudah kita susun bersama dan tadi beliau (Menlu Timor Leste Leste Zacarias da Costa) menyampaikan road map ini akan dibawa ke kabinet Timor Leste," terang mantan Dubes RI untuk Inggris itu.

"Sementara tugas kami adalah untuk berdiplomasi meyakinkan negara ASEAN lain," lanjutnya. Demikian catatan online Blogger Pontianak tentang Menteri Luar Negeri Timor Leste.